Selasa, 12 Januari 2010

Pernikahan Simulasi (1)

Chapter 1
Rencana Gila


“Gue bener-bener nggak ngerti deh, kenapa sih setiap orang harus married.” Gerutu Kirana.

“Kenapa? Nyokap lo nanyain lagi kapan lo married?” Raditya tertawa mendengar pertanyaannya sendiri.

Kirana hanya mengangguk dengan cemberut menjawab pertanyaan dari Raditya.

“Ah, gue tahu pasti nyokap lo bakalan bilang kayak gini… “duh, Kiran kapan nih kamu bakalan ngenalin calon mantu mama ke rumah. Mama kan pengen cepet-cepet nimang cucu and bla…bla…bla…” ya kan? Pasti lucu banget tuh. Goda Raditya yang semakin membuat Kirana gondok.

“Terus kali ni lo jawab apaan, hah?”

“Gue nggak jawab apa-apa, gue langsung ninggalin ruang makan terus masuk kamar. Tapi bagian serunya waktu gue masuk kamar, mau tahu gue ngapain? Gue banting pintu kamar sekenceng-kencenganya.” Jawab Kirana dengan bangganya.

“Ha…ha…ha…, Lo tuh emang childish tahu nggak sih.” Raditya hanya tertawa menanggapi kelakuan Kirana.

“Terus gue mesti ngasih jawaban apaan lagi, Dit? Gue udah kehabisan alasan, kehabisan stok bohong. Dan nyokap malah makin gencar meneror.”

“Lo tuh emang nggak pernah bisa berubah ya, masih tetep aja childish. Gini deh… kalo lo jadi nyokap lo, apa lo nggak bakalan blingsatan kalo tahu anak lo belum juga married di umur kepala tiga ehm…tepatnya tiga puluh. Sorry, nggak maksud nyinggung hi…hi…”

“Gue bakalan bahagia banget kalo anak gue nggak married seumur hidupnya,” komentar Kirana sinis.

Alis Raditya terangkat. “Kenapa?”

“Pernikahan hanya memperumit hidup perempuan.”

“Pernikahan juga membuat hidup laki-laki lebih sulit.”

“Persis!” potong Kirana.

“Buat apa coba kita married kalo yang kita dapetin cuma kesulitan aja?”

“Mungkin karena kesulitan itu cuma efek sampingnya aja, bisa jadi keuntungannya malah lebih banyak.”

“Sok tahu,” cibir Kirana. “Lo sendiri aja belum married, gimana lo bisa ceramahin gue tentang keuntungan kalo kita married?”

“Gue udah cukup banyak belajar, Ran. Umur gue sendiri aja udah tiga puluh lima, kebanyakan temen-temen gue udah pada berkeluarga.”

“Tapi sampai sekarang lo belum married kan! Akui ajalah, lo setuju kan kalo hidup itu udah cukup rumit tanpa perlu lagi married?”

“Ya, emang sih.” Raditya tersenyum.

“Enakkan hidup kayak gini. Bebas!”

“Setuju. Tapi inget, gue bukan sama sekali nggak mau married loh! Gue cuma masih mau nunggu calon yang pas aja.”

“Ah, ya. Calon.” Dan Kirana menghela nafas panjang.

“Itu kan yang sebenarnya jadi alasan lo, kenapa sampai sekarang lo belum juga mau married?”

“Iya.” Guman kirana enggan.

“Bukan karena lo sama sekali anti menikah.”

Kirana menggeleng. “Jangan bilang siapa-siapa, tapi kadang-kadang gue kepengen juga digandeng seseorang saat dateng ke pesta.”

“Tapi lo bisa aja kan bergandengan ama salah satu pacar lo? secara ya pacar lo banyak gitu!”

Gandengan pacar itu lemah. Gampang putus,” komentar Kirana pahit.

“Maksud gue, gue mau orang yang sama menggandeng tangan gue kemana pun gue pergi.”

“Apa susahnya sih menggaji orang yang mau ngegandeng tangan lo ke mana-mana? Ini zaman susah, Ran. Banyak pengganguran, gue jamin pasti banyak yang mau.”

“Raditya!” Kirana mengayunkan tangannya ke bahu lengan Raditya. Tapi begitu hapalnya Raditya dengan reaksi Kirana, Raditya langsung menghindar sambil tertawa.

“Lo sadar kan kalo married itu lebih dari sekedar mengontrak penggandeng tetap?” Tanya Raditya kemudian, lebih serius.

“Ya, justru itu Dit. Gue nggak bisa ngebayangin, gimana gue mesti married ama orang yang salah. Kalau aja…” Kirana terdiam dengan menggantung kalimatnya.

“Apa?” Tanya Raditya penasaran.

“Kalo aja gue bisa yakin, kalo cowok itu bakalan tetep manis dan baik hati setelah dia berhasil menikahi gue. Gimana cewek bisa tahu kalo cowok yang merayunya ternyata suami yang payah? Yang suka memukuli, mencaci maki, menghina, orangnya pelit, cemburuan, suka bohong, tukang selingkuh dan bla…bla…bla…serem banget nggak tuh, Dit?”

“Ran, cowok yang kayak gitu tuh dikit banget kali.”

Kirana menggeleng. “Semua cowok binatang.”

“Hallooo, gila lo ya! Lo nggak mandang gue, hah? Gue cowok kali Ran, lo lupa?”

“Lo tuh bukan cowok, Dit. Lo MALAIKAT.”

Raditya terbelalak, mendengar pernyataan Kirana. Didekapnya dada kirinya dan ia terkulai di kursinya.

“Radit!” desis Kirana. “Jangan gila dong lo, lo pikir nih Café sepi apa? Kita diperatiin orang nih, gue malu tahu.”

“Ran, lo sadar kalo gue belum mati? Gue mesti mati dulu sebelum jadi roh dan mengajukan lamaran menjadi malaikat,” Dan Raditya kembali terkulai, mata tertutup, lidah terjulur.

“Radit…Radit, Lo tu sakit jiwa tahu nggak sih?”

“Kalo lo emang mau married, lo harus berobat dulu Dit.” Raditya makin tergelak mendengar pernyataan Kirana.

“Dan lo, Ran. Kalo lo emang mau married, coba percaya seenggak-nggaknya ama satu orang aja dari golongan cowok.”

“Gue nggak bisa, Dit.”

“Hah… jangan bilang kalo lo suka ama sesama jenis. Ah, gokil lo Ran… jadi selama ini tu lo LESBIAN!”

“Berarti lo emang nggak bisa married. Nggak mungkin dan nggak akan pernah. Dan kalo lo maksain diri, hidup lo bakalan merana. Dan kalo lo sengsara lo bakalan makan makin banyak. Dan kalo lo makan banyak-banyak lo bakalan….?”

“Radit, Rese lo. Ya nggak lah, gue masih normal kali.” Walaupun nada suara Kirana keras, tapi akhirnya dia nggak bisa menahan senyumnya mendengar pernyataan konyol sahabatnya itu. Setelah dua puluh lima tahun menjadi sahabatnya, Raditya benar-benar telah memahaminya.

“Lo nggak mikirin gimana perasaan nyokap lo apa?” Kata Raditya kemudian. Seperti biasa Raditya bisa menjadi jenaka dan kemudian serius hanya dalam selang waktu sepersekian detik.

“Nyokap lo pasti bakalan seneng banget kalo lo segera mendapat pasangan tetap. Nyokap lo bakalan lebih tenang kalo tahu lo akhirnya punya seseorang yang bakalan menemani dan melindungi lo.”

“Jangan ngomomg kayak gitu dong,” cetus Kirana, kembali manyun.

“Satu, ini hidup gue, bukan hidup nyokap gue. Gue sedih kalo nyokap gue sedih. Tapi kalo suami gue berkhianat, apa nyokap gue mau menanggung rasa malu dan sakit hati gue? Kedua, gue nggak butuh pelindung. Dan lo tahu itu Dit, gue bisa mengurus diri gue sendiri. Kalo itu yang lo butuhin, gue bisa menggaji lebih banyak pembantu, plus bodyguard kalo perlu.”

“Baik, baik, Tuan Putri, Hamba mengaku salah,” Raditya membungkuk dalam-dalam. “Jadi,dengan asumsi lo nggak sama sekali menihilkan kemungkinan married, terus atas dasar alasan apa lo bakalan mutusin buat married?”

Kirana tertunduk lemas. “Itulah Dit,” Desahnya. “Gue nggak tahu, apalagi yang gue butuhin saat ini? Gue punya pekerjaan dengan masa depan yang menjanjikan. Jadi married untuk alasan ekonomi jelas-jelas bukan pilihan buat gue. Gue punya temen-temen diskusi, sahabat buat berbagi, jadi kesepian juga bukan alasan buat gue untuk married.”

“Gimana dengan keturunan?”

“Anak? Apa gue harus married dulu untuk punya anak? Gue bisa mengadopsi bayi,kan? Di luar sana banyak anak-anak yang nggak diinginkan orang tuanya. Kalo gue mau, gue bisa mengasuh satu, dua atau bahkan tiga dari mereka. Jadi tolong, jelaskan kenapa gue harus married, mempertaruhkan diri gue sendiri, mengambil resiko dilukai lahir atau batin. Nggak ada kepastian sama sekali bahwa pernikahan itu bakalan bertahan sepanjang hidup lo. Disamping itu, kalo pernikahan itu hancur di tengah jalan, gue bakalan jadi pihak yang paling besar menanggung kerugian. Kenapa Dit? Buat apa coba? Lo bisa jelasin nggak, Dit?”

Raditya termenung agak lama. Akhirnya ia menjawab. “Cinta mungkin?”

“Lo tuh kebanyakan nonton film romantis tahu nggak sih,” olok Kirana. “Lo tahu berapa lama cinta bertahan dalam suatu pernikahan?”

“Berapa lama?”

“Satu sampai tiga bulan. Setelah itu, toleransi, kompromi, frustasi dan imajinasi.”

“Imajinasi?”

“Kalo lo terjebak di dalam penjara dengan lelaki yang lo benci sekaligus yang lo tahu dia juga membenci lo, lo harus membayangkan married ama TOM CRUISE atau BRAD PIT. Kalau nggak cepet atau lambat lo bakalan jadi gila.”

“ASTAGA,” gumam Raditya. “Kalo itu terjadi ama gue, siapa menurut lo yang harus gue bayangain? PAMELA ANDERSON atau ANGELINA JOLLI?”

“GORILA,” jawab Kirana sekenanya dan Raditya meledak tertawa.

“Radit,” keluhku. “Berhenti ngetawain gue. Gue bukan pelawak. Gue sedang membicarakan masalah serius, dan gue sebel lo ketawain terus kayak gini.”

Wajah Raditya serta-merta menjadi serius. “Gue nggak ngetawain lo! Kalo lo bener-bener sahabat gue, lo bakalan tahu beginilah gue menyikapai semua masalah, yang tergenting sekalipun. Termasuk soal married. Cobain deh! Lo bakalan merasa jauh lebih baik, kalo seandainya nyokap lo nanyain lagi soal calon suami lo, ketawa aja. Ha…ha… Tertawalah keras-keras. Ha…Ha…”

“Radit, lo tuh emang bener-bener udah gila,” gumam Kirana. “Gue perlu solusi bukan ide-ide konyol.”

Raditya membisu. Dan untuk beberapa waktu mereka berdua sama-sama merenung.

Akhirnya, Raditya bicara dengan hati-hati. “Ran, gue tahu ini bakalan kedengaran gila. Tapi denger dulu. Gue rasa saran gue ini bisa nyelesaiin kedua masalah lo. Pertama, ketidak percayaan lo pada ras laki-laki. Kedua, ketidak mengertian lo kenapa lo butuh seorang suami.”

Kirana mengangguk, dalam hati bersiap-siap untuk mempertahankan mimik seriusnya walaupun ide yang akan dilontarkan Raditya nantinya ternyata kelewat sinting dan karenanya teramat sangat kocak.

“Sebelumnya, gue pengen tanya satu hal, dan ini sangat sangat amat penting, jadi gue butuh jawaban terjujur lo. Apa lo percaya ama gue?”

Kirana menatap Raditya dengan dahi berkerut. Raditya telah jadi sahabat Kirana selama puluhan tahun. Banyak yang berubah dalam hidup Kirana, dan setidaknya ada sepuluh lelaki telah hadir dan menghilang dari kehidupan Kirana. Hanya Raditya yang tak terganti. Raditya seakan-akan selalu siap mengulurkan tangannya untuk menolong Kirana, sementara sense of humor-nya tak pernah gagal membantu Kirana keluar dari depresi yang paling parah sekalipun. Kalo ada satu laki-laki di dunia yang dihadapi Kirana dengan Skeptisisme nyaris nol, hanya Raditya orangnya.

“Iya, gue percaya ama lo. Sangat percaya malah.”

“Kalo gitu, percayalah bahwa yang gue lakukan ini semata-mata untuk kebaikan lo. Percayalah bahwa gue sama sekali nggak punya niat jahat terselubung di balik ide gue ini. Percayalah.”

Radit!” potong kirana tandas. “Ide apa?”

“Gue pengen ngajak lo bikin sebuah eksperimen,” Raditya bicara dengan hati-hati, kedua matanya terpaku pada ekspresi wajah Kirana. “KITA AKAN MELAKUKAN PERNIKAHAN.”

“Apa?”

“SIMULASI!” lanjut Raditya sesegera mungkin. “Yang pasti lengkap ama semua formalitasnya, lamaran, akad nikah, kalo perlu Honey moon….”

“BULAN MADU?”

Raditya meletakkan jari telunjuknya di depan bibir Kirana, agar dia diam. “SIMULASI. Sekali lagi, SIMULASI. Setelah itu kita bakalan jadi SUAMI ISTRI - - SIMULASI? Sambil mempelajari kenapa kebanyakan manusia yang normal dan waras begitu berambisi untuk berumah tangga. Kalo pada akhir eksperimen lo ngerasa yakin bahwa kerugiannya nggak sebanding dengan keuntungannya, kita cerai aja dan lo bisa hidup lajang lagi, dan merdeka selama-lamanya. Kalo ternyata lo kecanduan hidup sebagai istri, kita juga bakalan cerai dan tapi lo bisa cari suami yang paling cocok buat lo. Anggap aja ini sebagai tes buat ngeliat apa lo bakalan milih buat married atau nggak. Tanpa KOMITMEN, tanpa PENALTY. Gimana?”

“Radit.” desis Kirana. “Ini ide terbodoh yang pernah gue denger, lo sakit Dit!”

“Semua ide jenius selalu diolok-olok pada awalnya,” sanggah Raditya mantap.

“Coba lo pikirin deh, Ran. Ini satu-satunya cara supaya kita bisa belajar seperti apa pernikahan itu sebenernya tanpa perlu bener-bener menikah. Lo nggak mungkin ngelakuinnya sama cowok selain gue, yang telah terbukti memiliki sifat ksatria, dapat dipercaya dan teguh pendirian…”

“Aduh Radit, serius dikit kenapa sih!”

“Lo nggak perlu sama sekali ngorbanin apapun. Dan lo nggak bakalan ngalami kerugian apapun.”

“Ya, kecuali jutaan rupiah yang harus lo keluarin untuk biaya pernikahan nanti….”

“SIMULASI, Ran, SI–MU–LA-SI,” Raditya mengingatkan sambil mengangkat telunjuk.

“OK. PERNIKAHAN SIMULASI,” geram Kirana. “Dan gue bakalan menyandang status janda setelah kita cerai.”

“Iya, kan cuma SIMULASI Ran.”

“RADITYA!”

“KIRANA!”

“DIT!”

“Ran!”

“Ya, Tuhan. Lo emang bener-bener udah sakit Dit. Kirana bangkit dari kursinya dengan marah dan beranjak keluar café. Raditya segera menjejerinya.
“Ran, lo nggak perlu semarah ini kali,” kata Raditya kemudian. “Apa gue sejelek itu di mata lo, bahkan sampe lo nggak mau purah-pura menikah ama gue?”

Kirana berhenti berjalan dan menatap wajah Raditya. Dan kemudian dia menggeleng.

“Biarpun wajah lo seperti monster yang paling menakutkan sekalipun, gue bakalan tetep memuji lo di sepan perempuan malang manapun yang mencintai lo.”

Mata Raditya berbinar. “Lo nggak marah lagi kan, ama gue?”

Kirana menggeleng. “Gue nggak marah karena ide gila lo itu, Dit. Gue tahu otak lo emang selalu korslet tiap kali mikirin jalan keluar dari suatu problem yang serius. Gue ngerti, ngerti banget. Gue Cuma kesel aja, kenapa sepertinya lo nggak peduli ama masalah gue.”

“Justru karena gue sangat peduli ama lo, Ran gue ngusulin ini,” ekspresi Raditya begitu tulus.

“THANK YOU VERY MUCH. Tapi itu ide memuakkan.”

“Pikirin tentang nyokap lo deh, Ran. Kalo aja nyokap lo tahu lo bakalan segera menikah ama gue, Orang yang selama ini dikenalnya sangat baik, sopan, hormat kepada orang tua, ulet, tangguh…” Raditya berhenti saat dia melihat raut wajah Kirana yang terlihat mau sorry…. Muntah, “Nyokap lo bakalan sangat bahagia, Ran. Pikirin juga tentang diri lo sendiri.”

Raditya diam sejenak. “Gue janji bakalan ngegandeng tangan lo di setiap pesta. Atau dimana pun lo mau.”

Ucapan Raditya begitu menyentuh hati Kirana hingga dia nyaris menangis terharu. Kalau saja di antara mantan-mantan kekasih Kirana ada yang mengatakan itu kepadanya, dia pasti sudah lama sekali menikah, pikir Kirana sebelum menertawai dirinya sendiri. Perempuan yang tidak butuh seorang pelindung, tapi haus digandeng tangannya. Kirana pasti sama kurang warasnya dengan Raditya.

“Apa gue harus cium lo?” tanya Kirana nyaris berbisik.

“Sesekali mungkin, kalo bonyok [bokap-nyokap] kita diam-diam mengawasi,” matanya kembali tertawa. “Di pipi. Gue nggak bakalan ngelawatin batas deh. Kalo kita cuma berduan doang, lo bebas ngapa-ngapain gue. Lo mau ninju gue kek, jambak gue kek pokoknya terserah lo deh…”

“Radit, gue pikir sebuah teguran itu udah jauh lebih dari cukup buat gue.” dan Raditya tersenyum.

“Eh Ran, satu lagi! Ehm… kalo di depan bokap-nyokap jangan lo-gue, lo-gue ya? Ya kita aku-kamu an aja, aneh aja rasanya kalo uadah married tapi masih aja lo-gue lo-gue an OK!”

“OK deh Boss!”

“Ha…Ha…Ha…”, Kemudian kedua sahabat itu tertawa lepas seakan telah terlepas dari beban yang sangat berat dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar